Selasa, 03 Januari 2012

MAKALAH-Kenakalan Remaja


MAKALAH

KENAKALAN REMAJA
&
PENANGGULANNYA







DISUSUN OLEH :
NAMA : MOHAMMAD FAJAR ZEN ALI
NPM : 08.84202.839






FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS MADURA
2009

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Alahamdulillah puji syukur kehadirat ALLAH SWT, karena berkat rahmat dan hidayahnya, makalah ini telah disusun untuk memenuhi criteria penilaian mata kuliah pengembangan peserta didik.
Makah ini kami susun untuk memenuhi tugas dari Ibu Dra. Sri Harini. Disamping itu, makalah ini dapat digunakan sebagai media belajar dan media pengetahuan bagi para mahasiswa-mahasiswi yang membacanya.
Dengan segala kekurangan dan keterbatasannya kami mohon maaf kepada para pembaca, semoga makalah ini ada guna dan manfaatnya bagi kita semua, Amien ….
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Pamekasan, 29 Juli 2009

                                                                                                         Penulis





















DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
  1. LATAR BELAKANG
  2. RUMUSAN MASALAH
BAB II PEMBAHASAN
  1. MASA REMAJA
  2. PERGAULAN REMAJA SECARA ISLAMI
  3. PERCINTAAN REMAJA
  4. REALITA REMAJA : HAMIL DI LUAR NIKAH ( FREE SEX )
  5. HIV & AIDS
  6. KRIMINILITAS
  7. PERGAULAN REMAJA
  8. REMAJA & ROKOK
  9. MENANGGULANGI MASALAH YANG TERJADI PADA REMAJA
  10. REMAJA & PERILAKU HIDUP SEHAT
BAB III PENUTP
  1. KESIMPULAN
  2. SARAN
DAFTAR PUSTAKA











BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Pergaulan remaja pada zaman sekarang ini sudah sampai pada taraf menghawatirkan, karena adanya semua media massa baik dari media elektronik maupun cetak dengan leluasa menampilkan hal-hal  yang dapat mengakibatkan kerusakan ahlak generasi muda pada masa sekarang ini.
Dalam makalah ini penulis ingin menampilkan sekelumit permasalahan remaja dan dunia pergaulannya. Walaupun sederhana penulis berharap agar makalah ini dapat berguna untuk para pembaca.

B.     RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang permasalahan diatas, dapat diambil rumusan masalah yaitu :
“Apa saja permasalahan pada dunia pergaulan remaja pada masa sekarang ini dan bagaimana cara mengatasinya ?”
















BAB II
PEMBAHASAN
A.    MASA REMAJA
Masa remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi, tubuh, minat, pola perilaku, dan juga penuh dengan masalah-masalah ( Hurlock, 1998 ). Oleh karenanya, remaja sangat rentan sekali mengalami masalah psikososial, yakni masalah psikis atau kejiwaan yang timbul sebagai akibat terjadinya perubahan sosial.
Untuk dapat memahami remaja, maka perlu dilihat berdasarkan perubahan pada dimensi-dimensi tersebut.
1.Dimensi Biologis
Pada saat seorang anak memasuki masa pubertas yang ditandai dengan menstruasi pertama pada remaja putrid ataupun perubahan suara pada remaja putra, secara biologis dia mengalami perubahan yang sangat besar. Pubertas menjadikan seorang anak tiba-tiba memiliki kemampuan untuk ber-reproduksi. Pada masa pubertas, hormone seseorang menjadi aktif dalam memproduksi dua hormone ( gonadotrophins atau gonadotrophic hormones ) yang berhubungan dengan pertumbuhan, yaitu :
  1. Follicle-Stimulating Hormone ( FSH )
  2. Luteinizing Hormone ( LH ).
Pada anak perempuan, kedua hormone tersebut merangsang pertumbuhan esterogen dan progesterone: dua jenis hormone kewanitaan. Pada anak lelaki, Luitenizing Hormone yang juga dinamakan Interstitial-Cell Stimulating Hormone ( ICSH ) merangsang pertumbuhan testosterone.
Pertumbuhan secara cepat dari hormone-hormon tersebut diatas merubah sistem biologis seorang anak. Anak perempuan akan mendapat menstruasi, sebagai pertanda bahwa sistem reproduksinya sudah aktif. Selain itu terjadi perubahan fisik seperti payudara mulai mengembang, dll. Anak lelaki mulai memperlihatkan perubahannya dalam suara, otot, dan fisik lain yang berhubungan dengan tumbuhnya hormone testosterone. Bentuk fisik mereka akan berubah secara cepat sejak awal pubertas dan akan membawa mereka pada dunia remaja
2. Dimensi Kognitif
Perkembangan kognitif remaja, dalam pandanga Jean Piaget ( seorang ahli perkembangan kognitif ) merupakan periode terakhir dan tertinggi dalam tahap pertumbuhan operasi formal ( periode of formal operations )
3. Dimensi Moral
Masa remaja adalah periode dimana seorang mulai bertanya-tanya mengenai berbagai fenomena yang terjadi di lingkungan sekitarnya sebagai dasar bagi pembentukan nilai diri mereka. Elliot Turiel ( 1978 ) menyatakan bahwa para remaja mulai membuat penilaian tersendiri dalam menghadapi masalah-masalah popular yang berkenaan dengan lingkungan mereka, misalnya : politik, kemanusiaan, perang, keadaan sosial, dsb.
4. Dimensi Psikologis
Masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak. Pada masa ini mood ( suasana hati ) bisa berubah dengan sangat cepat. Hasil penelitian di Chicago oleh Mihalyi Csikszentmihalyi dan Reed Larson ( 1984 ) menemukan bahwa remaja rata-rata memerlukan  hanya 45 menit untuk berubah dari mood “ senang luar biasa “ ke “sedih luar biasa “, sementara orang dewasa memerlukan beberapa jam untuk hal yang sama.
Dari beberapa dimensi perubahan yang terjadi pada remaja seperti yang telah dijelaskan diatas maka terdapat kemungkinan-kemungkinan perilaku yang bisa terjadi pada masa ini. Diantaranya adalah perilaku yang mengundang resiko dan berdampak negative pada remaja. Perilaku yang mengundang resiko pada remaja misalnya seperti penggunaan alcohol, tembakau dan zat lainnya ; aktivitas sosial yang berganti-ganti pasangan dan perilaku menentang bahaya seperti balapan, selancar udara, dan laying gantung ( Kaplan & Sadock, 1997 ). Alasan perilaku yang mengudang resiko adalah bermacam-macam dan berhubungan dengan dinamika fobia balik ( conterphobic dynamic ), rasa takut dianggap tidak cakap, perlu untuk menegaskan identitas maskulin dan dinamika kelompok seperti tekanan teman sebaya.
  1. PERGAULAN REMAJA SECARA ISLAMI
Adalah remaja yang sopan terhadap sesame muslim dan remaja yang sopan dalam berpakaian dan dengan kata-kata yang lembut dan tertutup.
Yang harus dihindari pada wanita adalah sebagai berikut :
  1. Wanita muslim itu dilarang berpandangan dengan yang bukan muhrimnya
  2. Wanita muslim dilarang berpegangan tangan ataupun berciuman biasanya remaja sekarang itu tidak mengetahui ajaran islam yang sebenarnya dan selalu ikut zaman-zaman sekarang
  3. Wanita muslim dilarang membuka auratnya.
Ketika seorang menjadi remaja, maka dia dibesarkan untuk menjalankan kewajiban agama, sebagaimana yang diwajibkan kepada orang dewasa.dia sudah bertanggung jawab kepada Allah SWT atas segala yang dilakukan. Setiap kesalahan yang dilakukan akan dicatat sebagai dosa dan setiap kebaikan dicatat sebagai pahala.
Kalau remaja sekarang ini menganggap agama itu no.2, remaja sekarang lebih sukabergaul dengan teman-teman dan lupa dengan kewajibannya sendiri. Dan bisa terjerumus dengan golongan setan dan setan itu selalu menggoda umat islam untuk meninggalkan kewajibannya sebagai umat muslim. Jika umatnya menyebut nama Allah maka godaan itu tidak akan menjerumuskan kita.
  1. PERCINTAAN REMAJA
Pengertiannya di zaman sekarang banyak anak remaja yang memulai kebiasaanya dengan berpacaran. Karena dijaman sekarang termasuk jaman modern yang kebanyakan anak remaja sedang suka-sukanya berpacaran karena kalau mereka tidak memilki hal-hal yang seperti itu mereka disebut anak kuper yang ketinggalan jaman.
Dan agama menyarankan bahwa bukan tidak diperbolehkan bercinta/berpacaran, tapi berdasarkan norma-norma yang berlaku .
Contoh bercinta yang didasari norma-norma agama islam :
  1. tidak diperbolehkan berpegangan tangan
  2. tidak diperbolehkan berdekatan / saling berdekatan
  3. tidak diperbolehkan berciuman
  4. tidak diperbolehkan berboncengan mesra
Contoh masalah remaja yang sering terjadi di zaman sekarang :
    1. banyak anak yang masih usia sekolah hamil di luar nikah
    2. banyak anak yang coba melakukan bunuh diri karena putus cinta
  1. REALITA REMAJA : Hamil di luar nikah ( free sex )
Hamil di luar nikah terjadi akibat pergaulan bebas yang telah melampaui batas yang banyak dilakukan oleh pasangan-pasangan yang belum mempunyai ikatan resmi. Dalam hal pernikahan biasanya oleh pasangan muda-mudi usia sekolah atau yang masih remaja. Dua sejoli yang saling mencintai dan melakukan hubungan intim ( hubungan suami isteri ) yang belum saatnya disebabkan oleh :
  1. kurangnya pengawasan orang tua
  2. gampang terpengaruh
  3. dan tidak dapat menjaga diri dan kepercayaan orang tua yang diberikan.
Akibat free sex :
  1. hamil di luar nikah
  2. membuat malu sanak keluarga
  3. bunuh diri karena tidak tahan menanggung malu
  4. menggugurkan janin hasil free sex karena tidak ingin menanggung malu
  5. terjadinya pembunuhan karena pihak lelaki tidak mau bertanggung jawab
E. HIV & AIDS
Pengidap HIV & AIDS disebabkan penggunaan narkoba yang menggunakan suntik secara bergantian. HIV & AIDS pada dasarnya adalah sejenis penyakit yang merusak sistem jaringan pertahanan tubuh yang saat ini masih belum ditemukan obatnya dan dapat menyebabkan kematian bagi si penderita. Penyakit ini dapat menular dari hubungan intim dan penggunaan jarum suntik secara bergantian.
Bahaya HIV & AIDS :
  1. merupakan penyakit yang menurun ke anak
  2. merusak sistem kekebalan dan pertahanan tubuh
  3. dan yang paling parah mematikan
F. KRIMINALITAS
Kriminalitas merupakan masalah yang sangat serius yang dihadapi oleh semua Negara di dunia.karena dapat merugikan dan mempengaruhi perkembangan gaya hidup para remaja.
Dari kenyataan menunjukkan bahwa remaja pada era ini banyak sekali yang terlibat dengan hal-hal yang termasuk kriminalitas seperti :
  1. penggunaan dan mengedarkan narkoba
penggunaan dan peredaran narkoba saat ini semakin meluas, tidak hanya dari kalangan dari deawasa saja tapi anak-anak dan juga remaja. Adapun tata cara pengedar narkoba untuk meracuni akal fikiran para remaja sebagai berikut :
  1. datang dari teman-teman yang mula-mula menawarkan narkoba dengan alasan menjernihkan fikiran yang sedang kacau sehingga terpengaruh
  2. mendatangi sekolah dan kampus yang semula menghasut mereka untuk mencoba dan kemudian merasa ketagihan
  3. datang dari rasa ingin tahu dan ingin mencoba
  1. pencurian barang dan kendaraan bermotor
  2. pemerkosaan
  3. pembunuhan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...