RENCANA PELAKSANAAN
PERKULIAHAN
Mata
Kuliah : Bahasa Inggris
Semester/ SKS : 1/2
Pertemuan Ke- : 5
Alokasi Waktu : 100 menit
Prasyarat
Standar Kompetensi
Mahasiswa memiliki kemampuan memahami bacaan, menguraikan kembali isi
bacaan dalam bahasa inggris secara lisan dan tulis sesuai dengan paraphrasing; pemahaman tentang
mekanisme penulisan wacanapendek hingga panjang dan teknis; membekali peserta
didik dengan menggunakan kalimat simple, compound
dan compound complex di dalam
penulisan paragraph dengan mempertimbangkan factor
cohesion-coherent, dan pengorganisasian gagasan ke dalam bentuk paragraf.
Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat
mengetahui dan mengaplikasikan Planning a
lesson dan Modal Verbs
Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
Modal Verbs Achieving
Tujuan Pembelajaran
Setelah
menyelesaikan pertemuan ini, mahasiswa dapat mengetahui dan mengaplikasikan Planning a lesson dan Modal Verbs
Materi Pokok
1. Pengertian Modal verb
2. Tujuan Modal verb
3. Menjelaskan
ciri-ciri kalimat Modal Tenses
4. Membuat kalimat
Modal Tenses.
Metode Pembelajaran
Menggunakan metode
ceramah, tanya jawab,dan diskusi
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 3
No.
|
|
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
|
Alokasi
|
|
|
Bahan Pustaka
|
|
|
|
|
|
|
|
Waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
|
|
Pendahuluan
|
|
|
|
15 Menit
|
|
|
|
|
|
|
v Menjelaskan
deskripsi, tujuan dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
manfaat mata
kuliah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v Menjelaskan
kompetensi dasar yang harus
|
|
|
|
|
|
|
|
dicapai dalam
pertemuan
v Menjelaskan cakupan
materi
|
2.
|
|
|
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
75 Menit
|
|
|
|
- Fauziati,
|
Endang.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2002. Teaching
|
|
|||
|
|
|
|
|
v Pengertian Modal verb
|
|
|
|
|
|
|
English
|
asa
|
|
||
|
|
|
|
|
v Tujuan Modal verb
|
|
|
|
|
|
|
Foreign
|
|
|
||
|
|
|
|
|
v Menjelaskan
ciri-ciri kalimat Modal Tenses
|
|
|
|
|
|
|
Language.
|
|
|||
|
|
|
|
|
v Membuat kalimat Modal Tenses.
|
|
|
|
|
|
|
Surakarta
|
:
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Muhammadiyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
University Press.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
Penutup
|
|
|
|
|
10 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v Mengundang
pertanyaan dan komentar dari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
mahasiswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v Menyimpulkan
materi yang telah diberikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Alat dan Sumber Belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Alat
|
|
|
|
|
|
: Laptop, LCD
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sumber Belajar
|
: Buku referensi,
Internet, Mas media
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
Penilaian
|
|
: Tugas 30%
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
Mid Test 30%
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UTS 40%
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bentuk soal
|
|
: Uraian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
a. Soal
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1) Jelaskan definisi
modal verb!
2) Apakah tujuan dari
kalimat Modal Tenses?
3) Sebutkan jenis-jenis
kalimat Modal tenses!
4) Berikan contoh 3
buah kalimat Modal tenses!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar