RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN
Mata Kuliah :
Bahasa
Inggris
Semester/ SKS : 1/2
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 100 MENIT
Prasyarat:
Standar
Kompetensi
Mahasiswa
memiliki kemampuan memahami bacaan, menguraikan kembali isi bacaan dalam bahasa
inggris secara lisan dan tulis sesuai dengan paraphrasing; pemahaman tentang mekanisme penulisan wacanapendek
hingga panjang dan teknis; membekali peserta didik dengan menggunakan kalimat
simple, compound dan compound complex di dalam penulisan
paragraph dengan mempertimbangkan factor
cohesion-coherent, dan pengorganisasian gagasan ke dalam bentuk paragraf.
Kompetensi
Dasar
Mahasiswa
diharapkan dalam pertemuan ini mampu memahami bahasa Inggris akademik untuk Present Tenses
Indikator
Pencapaian Kompetensi Dasar
Present
Tenses
1. Menjelaskan tujuan
mata kuliah
2. Menjelaskan ruang
lingkup mata kuliah
3. Present Tenses
Tujuan
Pembelajaran
Setelah menyelesaikan pertemuan ini,
mahasiswa diharapkan dalam pertemuan ini mampu memahami bahasa Inggris akademik
untuk Present Tenses
Materi
Pokok
1. Tujuan mata kuliah
2. Ruang lingkup mata
kuliah
3. Kebijakan pelaksanaan
perkuliahan
4. Kebijakan penilaian
hasil belajar
5. Tugas yang harus
diselesaikan
6. Buku ajar yang
digunakan dan sumber belajar lainnya
7. Hal-hal lain yang
esensial dalam pelaksanaan perkuliahan.
8. Present Tenses
Metode
Pembelajaran
Menggunakan metode ceramah, tanya jawab,dan
diskusi
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
No.
|
|
|
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
Alokasi
|
|
Bahan Pustaka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
|
|
Pendahuluan
|
|
|
15 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
v Menjelaskan
deskripsi, tujuan dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
manfaat mata
kuliah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v Menjelaskan
kompetensi dasar yang harus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dicapai dalam
pertemuan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v Menjelaskan
cakupan materi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
Kegiatan Inti
|
|
|
75 Menit
|
|
Azar, Betty Schrampfer. 1989. Understanding
and Using English Grammar, Second Edition. Prentice Hall Pres -
|
||
|
|
|
v 1. Tujuan mata
kuliah
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
v 2. Ruang lingkup mata kuliah
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
v 3. Kebijakan
pelaksanaan perkuliahan
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
v 4.
|
Kebijakan
penilaian hasil belajar
|
|
|
|
|
||
|
|
|
v 5.
|
Tugas yang harus
diselesaikan
|
|
|
|
|
||
|
|
|
v 6.
|
Buku ajar yang
digunakan dan sumber belajar
|
|
|
|
|
||
|
|
|
lainnya
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
v 7.
|
Hal-hal lain yang esensial dalam pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
perkuliahan.
|
|
|
|
|
|
|
v 8.
dan Present Tenses
3.
|
|
Penutup
|
|
|
|
10 Menit
|
|
|
v Mengundang
pertanyaan dan komentar dari
|
|
|
||
|
|
mahasiswa
|
|
|
|
|
|
|
v Menyimpulkan
materi yang telah diberikan
|
|
|
||
Alat dan Sumber Belajar
|
||||||
Alat
|
|
: Laptop, LCD
|
||||
Sumber Belajar
|
: Buku referensi,
Internet, Mas media
|
|||||
Penilaian
|
|
: Tugas 30%
|
||||
|
|
|
|
Mid Test 30%
|
||
|
|
|
|
UTS 40%
|
||
Bentuk soal
|
|
: Uraian
|
||||
a. Soal
|
:
|
|
|
|
1) Jelaskan apa itu
tenses!
2) Sebutkan jenis-jenis
Present Tenses yang anda ketahui!
3) Berikan beberapa
contoh kalimat yang menggunakan Present Tenses!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar