RENCANA PELAKSANAAN
PERKULIAHAN
Mata
Kuliah: Bahasa Inggris
Semester/ SKS : 1/2
Pertemuan Ke- : 2
Alokasi Waktu : 100 Menit
Prasyarat: -
Standar Kompetensi
Mahasiswa memiliki kemampuan memahami bacaan, menguraikan kembali isi
bacaan dalam bahasa inggris secara lisan dan tulis sesuai dengan paraphrasing; pemahaman tentang
mekanisme penulisan wacanapendek hingga panjang dan teknis; membekali peserta
didik dengan menggunakan kalimat simple, compound
dan compound complex di dalam
penulisan paragraph dengan mempertimbangkan factor
cohesion-coherent, dan pengorganisasian gagasan ke dalam bentuk paragraf.
Kompetensi Dasar
Mahasiswa diharapkan dalam pertemuan ini mampu memahami bahasa Inggris
akademik untuk Past Tenses
Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
1.
Menulis dalam bentuk past Tense
2. Menceritakan dalam bentuk past Tense
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dalam
pertemuan ini mampu memahami bahasa Inggris akademik untuk Past Tenses
Materi Pokok
1. Pengertian Past
Tenses
2. Tujuan Past Tenses
3. Menjelaskan
jenis-jenis kalimat Past Tenses
4. Membuat kalimat Past
Tenses.
5. Praktek
Metode Pembelajaran
Menggunakan metode
ceramah, tanya jawab,dan diskusi
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 2
No.
|
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
Alokasi
|
|
Bahan Pustaka
|
|
|
|
|
|
Waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
|
Pendahuluan
|
|
|
15 Menit
|
|
|
|
|
v Menjelaskan
deskripsi, tujuan dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
manfaat mata kuliah
v Menjelaskan
kompetensi dasar yang harus dicapai dalam pertemuan
v Menjelaskan cakupan
materi
2.
|
|
Kegiatan Inti
|
|
|
160
Menit
|
|
Azar, Betty Schrampfer. 1989. Understanding
and Using English Grammar, Second Edition. Prentice Hall Pres -
|
||
|
|
v Pengertian Past
Tenses
|
|
|
|
||||
|
|
v Tujuan Past Tenses
|
|
|
|
||||
|
|
v Mempraktikan
|
|
|
|
||||
|
|
v Menjelaskan jenis-jenis kalimat Past
Tenses
|
|
|
|
||||
|
|
v Membuat kalimat
Past Tenses.
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
Penutup
|
|
|
|
10 Menit
|
|
|
|
|
|
v Mengundang
pertanyaan dan komentar dari
|
|
|
|
|
|
||
|
|
mahasiswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v Menyimpulkan materi yang telah diberikan
|
|
|
|
|
|
||
Alat dan Sumber Belajar
|
|
|
|
|
|
||||
Alat
|
|
|
|
: Laptop, LCD
|
|
|
|
|
|
Sumber Belajar
|
: Buku referensi,
Internet, Mas media
|
|
|
|
|
|
|||
Penilaian
|
|
: Tugas 30%
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
Mid Test 30%
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UTS 40%
|
|
|
|
|
|
Bentuk soal
|
|
: Uraian
|
|
|
|
|
|
||
a. Soal
|
:
|
|
|
|
|
|
|
1) Jelaskan definisi Past Tenses!
2) Apakah tujuan dari
kalimat Past Tenses?
3) Sebutkan jenis-jenis
kalimat past tenses!
4) Berikan contoh 3 buah
kalimat past tenses!
5) Tulislah
pengalamanmu minimal 100 kata
Tidak ada komentar:
Posting Komentar